Makanan yang Dipanggang Lebih Sehat daripada Digoreng

Makanan yang Dipanggang Lebih Sehat daripada Digoreng
tegalwebside.com –
Mengapa Makanan yang Dipanggang Lebih Sehat Daripada Digoreng Memanggang adalah metode memasak yang menggunakan panas kering untuk memasak makanan di atas api terbuka, oven, atau sumber panas lainnya.
Memanggang adalah metode memasak yang sangat umum, dan makanan yang dimasak dengan cara ini umumnya dikenal sebagai makanan yang dipanggang.
Ini adalah salah satu metode memasak termudah yang memungkinkan panas merata dan biasanya memerlukan sedikit intervensi di awal proses.

Memasak menambahkan rasa karamel yang lezat pada makanan menggunakan proses yang disebut reaksi Maillard, atau membuat makanan menjadi kecokelatan. Makanan umum yang biasanya dipanggang antara lain daging, ayam, pisang raja, jagung, kentang, atau sayuran lainnya.

Memanggang makanan dikatakan memiliki manfaat yang tak terhitung jumlahnya. Pertama, ini menambah tekstur pada makanan dan memperdalam cita rasa apa pun yang Anda masak.
Tidak hanya itu, makanan ini menggunakan gula alami untuk memberikan rasa yang lebih manis dan lebih kuat. Namun, ada juga manfaat gizi atau kesehatan yang didapat langsung dari makanan yang dipanggang.
Hal ini karena cara memasak yang berbeda dapat mempengaruhi kualitas, rasa, dan kesegaran makanan. Nah, panduan kesehatan kami yang terbit Selasa (1 Maret 2023) ini memperkenalkan beberapa alasan mengapa makanan yang dipanggang lebih sehat daripada kentang goreng.

1. Meminimalkan Hilangnya Vitamin C

pertama-Tama, seluruh bentuk memasak bisa menghancurkan sebagian nutrisi didalam makanan, layaknya vitamin C.

Namun, memanggang makanan Anda dapat membantu mengurangi jumlah vitamin C yang hilang selama memasak, dibandingkan dengan metode memasak lainnya.

Menurut penelitian medis, menggunakan sedikit air masak dan memasak dalam waktu yang lebih singkat menghasilkan retensi vitamin C yang lebih tinggi, sehingga mengurangi kehilangan vitamin C.

Vitamin C merupakan nutrisi penting untuk pertumbuhan, sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan dan perbaikan semua jaringan tubuh.

Vitamin C juga berperan dalam banyak fungsi tubuh, seperti pembentukan kolagen, penyerapan zat besi, penyembuhan luka dan pemeliharaan tulang rawan, tulang, dan gigi.

Untuk alasan ini, sangat penting untuk mendapatkan vitamin C yang cukup setiap hari, dan memasak dapat menyediakannya.

2. Menjaga Lebih Segudang Vitamin B

Nutrisi lain yang bisa dikurangi dengan memasak adalah vitamin B. Vitamin B adalah nutrisi yang paling tidak stabil selama memasak. Alasannya adalah mereka larut dalam air dan larut dari sayuran dalam air rebusan.
Jadi, kecuali Anda memasak atau memasak sayuran dalam microwave dengan banyak air, Anda akan mendapatkan lebih sedikit thiamin, folat, vitamin B6, dan vitamin B12. Di sisi lain, memasak makanan mempertahankan sebagian besar vitamin B ini.

Vitamin B ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan, kinerja, dan kesejahteraan. Vitamin B ini merupakan blok bangunan untuk tubuh yang sehat dan memiliki efek langsung pada tingkat energi, fungsi otak, dan metabolisme sel.

3. Membutuhkan lebih sedikit lemak tambahan

Alasan utama lain mengapa memanggang dikatakan lebih sehat dibandingkan dengan metode memasak lainnya seperti microwave, penggorengan dangkal, dan penggorengan dalam adalah karena membutuhkan lebih sedikit minyak untuk memasak.

Oleh karena itu makanan ini rendah lemak dan kalori. Namun, untuk kacang, pemanggangan meningkatkan persentase lemak dan kalori dari sebagian besar kacang, seperti pistachio.

4. Berkurangnya Risiko Terpapar Bakteri Berbahaya

Dibandingkan dengan memanggang, memanggang memiliki risiko lebih kecil terkena bakteri berbahaya yang menyebabkan keracunan makanan. Bakteri berbahaya seperti Salmonella dan Escherichia coli coli dalam makanan pada suhu antara 40 dan 140 ° F (5 hingga 60 ° C).
Penting untuk memasak makanan dengan suhu internal yang aman untuk membunuh bakteri ini. Saat memanggang makanan, suhunya bisa naik hingga sekitar 76°C, yang cukup untuk membunuh sebagian besar bakteri, mengurangi risiko bakteri berbahaya.

5. Memicu makanan lebih lezat

Memasak adalah salah satu cara tercepat dan termudah untuk menyiapkan makanan yang lezat dan bergizi. Saat memasak, gunakan gula alami dalam makanan agar rasanya lebih manis dan lebih pekat.
Makanan yang dimasak juga memiliki keunggulan karakteristik khusus dan kesegaran ekstra. Namun, mereka bisa menjadi efek samping atau kerugian dari makanan yang dimasak.
Untuk alasan ini, Anda harus memastikan bahwa Anda tahu cara memasak makanan dengan sehat dan makan secukupnya.