12 Manfaat Buah Naga Merah Bagi Kesehatan Tubuh

12 Manfaat Buah Naga Merah Bagi Kesehatan Tubuh
tegalwebside.com –
12 Khasiat Buah Naga Merah Buah naga merah sangat dihargai karena teksturnya yang manis, berair, dan lembut. Karena ciri khas tersebut, buah naga merah sering diolah menjadi berbagai makanan penutup seperti smoothies, jus, dan es buah.

Selain menyejukkan lidah, buah naga merah ternyata memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Buah ini bermanfaat dalam mengobati sembelit dan juga dikenal untuk mencegah penyakit jantung dan kanker.

Kandungan Gizi Buah Naga Merah

Dalam 1 buah naga merah dengan berat sekitar 300 gram mengandung 213 kalori dan berbagai nutrisi berikut:

  • 10 gram serat
  • 5 gram protein
  • 39 miligram kalsium
  • 42 miligram fosfor
  • 1,2 miligram zat besi
  • 384 miligram potasium
  • 3 miligram vitamin C
Buah naga merah juga mengandung senyawa alami lain yang berperan sebagai antioksidan, antara lain vitamin dan mineral penting likopen, betalain, karoten, dan polifenol.

Manfaat Buah Naga Merah

Karena nilai gizinya yang melimpah, buah naga merah memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengkonsumsi buah naga merah:

1. Mencegah dan mengatasi sembelit

Buah naga kaya akan serat dan prebiotik yang baik untuk kesehatan usus. Nutrisi ini diketahui dapat mencegah dan mengobati sembelit dengan memperlancar buang air besar.

2. Mencegah anemia

Konsumsi buah naga merah secara rutin dipercaya dapat mencegah anemia.Manfaat buah naga merah berasal dari kandungan vitamin C yang terdapat pada buah naga merah yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Zat besi sendiri merupakan mineral penting dalam produksi sel darah merah.

Tentu saja, untuk mengoptimalkan pencegahan anemia, kami juga menyarankan untuk mengonsumsi makanan kaya zat besi untuk memenuhi kebutuhan zat besi harian Anda. Contoh makanan kaya zat besi antara lain daging merah, kacang-kacangan, atau almond.

3. Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada buah naga merah juga dapat mengurangi munculnya bintik hitam dan garis halus yang sering dikaitkan dengan penuaan dini. Antioksidan dan vitamin C memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, termasuk sel-sel kulit, dan membuat Anda tampak lebih muda.

4. Menjaga berat badan ideal

Selain tinggi serat makanan dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, buah naga merah tergolong buah rendah kalori. Hal ini menjadikan buah naga merah pilihan yang baik sebagai camilan sehat untuk menjaga berat badan ideal.

5. Mengontrol gula darah

Manfaat buah naga merah dalam mengontrol gula darah bisa didapat dari serat dan antioksidan yang dikandungnya. Buah naga merah bahkan dipercaya mampu memperbaiki sel pankreas yang rusak, yang berujung pada peningkatan kadar hormon insulin.
Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dosis dan kemungkinan efek samping dari konsumsi buah naga merah untuk pengendalian gula darah.
Selain itu, dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga merah dalam jumlah yang cukup karena buah ini memiliki indeks glikemik yang relatif tinggi.

6. Menurunkan kolesterol

Kandungan antioksidan daging buah naga merah serta kandungan omega-3 dan omega-9 pada biji buah naga merah kecil membantu menurunkan kadar kolesterol.

Naga Merah, yang bebas kolesterol dan tinggi serat, juga membantu menjaga kadar kolesterol normal.

Namun, buah naga merah harus dikonsumsi secukupnya. Hal ini dikarenakan masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan dosis dan keamanan buah naga merah untuk menurunkan kolesterol.

7. Mengurangi resiko penyakit jantung

Selain menurunkan kadar kolesterol, kandungan asam lemak omega-3 dan omega-9 pada biji buah naga merah juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Kadar potasium, likopen, dan karoten dalam buah naga juga berperan dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.
Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi buah naga merah dapat membantu mengurangi risiko penumpukan plak di pembuluh darah Anda. Pembuluh darah yang tersumbat dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan bahkan kematian.
Namun sekali lagi, Anda harus selalu mengonsumsi buah naga merah dalam jumlah sedang dan mengimbanginya dengan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit jantung.

8. Mencegah katarak

Manfaat buah naga merah berikutnya adalah mengurangi risiko katarak. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga merah. Vitamin C diketahui membantu mencegah oksidasi lensa, salah satu penyebab katarak.

9. Mencegah depresi

Selain tinggi antioksidan dan serat, buah naga merah juga tinggi magnesium. Mineral ini berperan dalam mengatur suasana hati. Kadar magnesium yang rendah sering dikaitkan dengan peningkatan risiko depresi.

Untuk mencegah depresi, manfaatkan buah naga merah yang kaya magnesium. Selain mencegah depresi, mendapatkan magnesium yang cukup dapat mengurangi gejala kecemasan.

10. Mencegah preeklampsia

Preeklampsia adalah komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi atau tingginya kadar protein dalam urin. Untuk mengurangi risiko pre-eklampsia, ibu hamil disarankan untuk mendapatkan vitamin B2 yang cukup. Salah satu buah yang mengandung vitamin B2 dan riboflavin adalah buah naga merah.

11. Mencegah kanker

Buah Naga Merah mengandung vitamin C dan lycopene yang telah terbukti dapat mengurangi jumlah sel kanker dalam tubuh. Selain itu, antioksidan lain dalam buah ini, seperti flavonoid, asam fenolik, dan betalain, juga dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas sehingga mencegah kanker.

12. Menjaga daya tahan tubuh

Buah naga merah kaya akan vitamin C dan senyawa antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan melawan kuman penyebab infeksi. Khasiat buah naga merah ini dapat mencegah flu, pilek dan penyakit menular lainnya.
Buah Naga Merah memiliki banyak manfaat kesehatan. Untuk manfaat yang lebih optimal, konsumsi Buah Naga Biru sebaiknya dipadukan dengan pola hidup sehat, antara lain makan makanan bergizi lainnya, olahraga teratur, istirahat yang cukup dan manajemen stress.